Kamis, 28 Januari 2016

CARA MEMBUAT DAFTAR ISI YANG RATA DAN RAPI

Apakah daftar isi yang anda buat tidak rata dan rapi? 

Siswa, mahasiswa, karyawan bahkan guru dan dosen sekalipun pasti pernah mengalaminya. Tampilan saat pengetikan sudah rata dan rapi, namun ketika dicetak hasilnya tidak sesuai harapan. Hal ini menunjukan bahwa cara yang digunakna masih kurang tepat. Cara yang paling tepat membuat daftar isi yang rata dan rapi adalah dengan membuat titik-titik secara otomatis. Kalian tingal menuliskan judul BAB atau SUB BAB dan nomor halaman saja, kemudian secara otomatis titik-titik akan menyesuaikan jumlah titik dan panjangnya. Cara membuat daftar isi yang rata dan rapi menggunakan titik-titik otomatis adalah sebagai berikut. 

1. Silahkan buka dokumen anda dengan MS. Word versi apapun. Kali ini, saya contohkan dengan MS. Word 2016. Untuk versi yang lain bisa menyesuaikan. Aktifkan tampilan Ruler pada MS. Word anda.





2. Ketik Daftar Isi pada awal paragraf dengan rata tengah. Kemudian, enter dan ketik daftar pertama pada daftar isi anda misalnya "Kata Pengantar" dengan rata kanan. Klik pada area Ruler atas sebelah kanan, maka akan muncul tanda hitam berbentuk "L". Buatlah tanda itu sebanyak dua buah. 

3. Kemudian, Klik lagi 2x tepat pada salah satu tanda "L", maka akan muncul kotak dialog. Silahkan isi seperti pada gambar. Lalu klik Set dan OK.

4. Letakan Pointer setelah kata pengantar. Tekan 2x tombol TAB pada keyboard lalu ketik nomor halamannya.

5. Selanjutnya anda tinggal buat daftar lainnya kemudian ulangi langkah no. 4. 

Untuk mengembalikan Fungsi tombol tab yang menghasilkan titik-titik, anda bisa ulangi tahap no. 3 lalu klik Clear dan OK. Sekian informasi yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Load disqus comments

0 komentar