Senin, 21 Maret 2016

CARA MEMBUAT NOMOR HALAMAN DENGAN FORMAT DAN POSISI YANG BERBEDA

Karya tulis dinilai baik tidak hanya dilihat dari bahasa dan tanda bacanya saja, tetapi juga ukuran margin, Line Spacing, Page Number, dll. Penulisan Page Number yang baik itu memadukan antara nomor halaman dengan angka romawi dan angka arab.

Kali ini saya akan menjelaskan cara membuat nomor halaman dengan format dan posisi yang berbeda. Langsung saja, silahkan simak langkah-langkah dibawah ini.

1. Buka dokumen sobat lalu tambahkan Page Number pada dokumen sobat dengan format i, ii, iii,... Caranya : Insert > Page Number > Buttom of Page  > Format Page Numbers (pilih format nomor yang dibutuhkan).

2. Tempatkan kursor di awal halaman yang nomor halamannya ingin berbeda. Misalnya pada dimulai pada halaman ketiga. Klik Layout/Page layout > Breaks > Next Page. Teks pada halaman tersebut akan pindah ke halaman selanjutnya. Abaikan saja.

3. Klik 2x pada Nomor halaman yang akan dirubah. Klik Link to Previous pada menu Design agar tidak mempengaruhi Page Number halaman sebelumnya. Hapus nomor pada halaman yang akan dirubah. Jika halaman sebelumnya tidak ikut terhapus berarti langkah-langkah sobat sudah sesuai.

4. Tambahkan Page Number dan format baru yang sobat inginkan. Sobat bisa langsung atur dari menu Design > Page Number > Top of Page agar posisi nomor halaman berada di kanan atas. Gunakan format 1,2,3, ... dan ketik "1" pada Start at untuk memulai halaman tersebut dari nomor 1. Jika pada halaman sebelumnya yang menggunakan angka romawi juga muncul nomor halaman baru, hapus saja nomor halaman itu.

5. Tempatkan kursor di samping halaman 1 dengan cara klik 2x. Kemudian ceklis Different First Page pada menu Desain. Maka halaman 1 akan menghilang.

6. Kembalikan halaman 1 dengan tambahkan Page Namber baru dengan posisi Button of Page. Dokumen sobat sudah memiliki nomor halaman dengan posisi yang berbeda.

7. Jika pada halaman selanjutnya mengharuskan nomor halaman yang berbeda lagi, misalnya menemui BAB baru, maka sobat tinggal ulangi langkah 2 diatas. Biasanya sudah secara otomatis posisi nomor halaman dibuat berbeda. sobat tinggal sesuaikan saja nomor halaman dimulai dari angka berapa. Jangan lupa pastikan fungsi Link to Previous tetap mati agar setiap perubahan yang sobat buat tidak berlaku pada halaman sebelumnya.

Cukup sekian informasi yang bisa saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat. bila ada pertanyaan silahkan tulis pada komol komentar di bawah. Terimakasih.
Load disqus comments

0 komentar