Jumat, 22 Januari 2016

CARA MEMBUAT BAGAN YANG BENAR TANPA BERANTAKAN

Ada dua cara membuat bagan pada MS. Word, yaitu menggunakan pola SmartArt yang tersedia (Insert - SmartArt) dan menggabungkan beberapa Shapes menjadi rangkaian bagan (Insert-Sahapes). Menggunakan SmartArt tidak buruk, hanya saja terkadang tidak sesuai dengan kebutuhan kita. Jika kita akan membuat bagan yang sesuai keinginan kita maka kita gunakan cara yang kedua. 

1. Klik menu Insert - Shapes, pilih bentuk Shapes yang kalian inginkan.
2. Klik pada lembar dokumen jangan dilepas lalu seret. Atur ukurannya sesuai yang kalian inginkan kemudian lepaskan.

3. Klik Shapes, lalu klik Format pada menu paling kanan. Kalian bisa mengganti warna dalam, warna garis luar, atau ingin memberi efek 3D. Pilih saja sesuai kebutuhan.

4. Copy  Shapes kalian sejumlah kebutuhan bagan kalian dengan klik pada Shapes - tekan keyboard CTRL+C - CTRL+V, lalu posisikan sesuai kebutuhan kalian. 
5. Hubungkan antar Shapes dengan mengunakan garis (Insert - Shapes - pilih bentuk garis).

2.Pilih salah satu Shapes lalu klik kanan. Pilih Add Teks. Ketik nana pada setiap Shapes sesuai posisinya.



5. Jika kalian ingin teks yang kalian masukan berbentuk Vetikal, maka kalian klik menu Format, pilih Teks Direction, klik Rotasi yang kalian inginkan.

6. Kelompokan seluruh Shapes agar tidak tercecer lagi ketika dipindah. Pilih semua Shapes baik yang berbentuk kotak ataupun garis. Caranya Pilih salah satu, lalu tekan dan tahan tombol CTRL pada keyboard. Kemudian pilih Shapes yang lainnya dengan cara klik pada Shapes bagian sisi ketika pointer memiliki tanda "+" disampingnya. Jika sudah semua, Lepaskan tombol CTRL, klik kanan pada salah satu sisi Shapes, kemudian pilih Grup. Kalian bisa menyalin atau memindahkan bagan kalian tanpa harus kawatir susunannya berubah.

7. Beri judul bagan kalian, dan selesai

Demikian informasi yang bisa saya sampaikan. Jika Informasi ini bermanfaat, silahkan Share Informasi ini. Mohon tinggalkan kritik, saran, ataupun koreksi atas informasi yang saya sampaikan pada kolom komentar dibawah ini. 
Load disqus comments

0 komentar