Kamis, 28 Januari 2016

Cara Mencari Referensi yang Tepat dan Akurat dari Internet

Mencari referensi untuk karya tulis ilmiah bukanlah hal mudah. Meskipun menggunakan search engine terbesar dan terluas di jagat raya sekalipun, tdk jarang kita masih mengalami kesulitan. Banyaknya situs yang bergabung di google dan cerdiknya para blogger membuat judul artikel mereka, sering membuat hasil pencarian kita tidak tepat sasaran. Kemudian memaksa kita memeriksa satu persatu halaman google yang tampil. Merepotkan bukan? Nah, untuk itu saya akan share bagaimana caranya mencari referensi yang tepat dan akurat dari internet.
Silahkan buka aplikasi browser anda dan ketik url https://scholar.google.co.id . Berikut ini tampilan awal google scholar.


Sama seperti biasanya, kita tinggal memasukan kata kunci sesuai referensi yang kita butuhkan. Nah, google scholar ini ibaratnya robot perpustakaan. Setelah kalian memasukan kata kunci disana, google akan mencari artikel, journal, skripsi, tesis, dsb. Semuanya adalah karya tulis ilmiah berdasarkan hasil reset.
Sebagai contoh, saya membutuhkan referensi tentang bagaimana logika matematika anak. Saya memasukan kata kunci “matematika anak” pada pencarian google scholar.

Kemudian saya pilih pembelajaran “Logika Matematika Anak Usia Dini (Usia 4-5 Tahun) di TK Ikal Bulog Jakarta Timur”. Saya menemukan penulisnya dan bisa membaca abstract dari hasil penelitiannya. Saya juga bisa membaca secara penuh karya ilmiahnya dengan mengunduh pada link PDF yang ada dibagian bawah halaman. 



Nah, demikianlah cara tepat mencari referensi karya tulis ilmiah di internet. Semoga bermanfaat.
Load disqus comments

0 komentar