Sabtu, 30 Januari 2016

Populasi Penelitian kata dedi kurniawan

Populasi adalah himpunan semua individu yang memiliki karakteristik tertentu. Populasi dalam penelitian memiliki pengertian yaitu kumpulan individu yang memiliki karakteristik yang dibutuhkan dalam penelitian. Individu di sini bukan hanya orang atau makhluk hidup saja. Benda mati, sifat-sifat dan karakteristik juga bisa dikelompokan sehingga menjadi sebuah populasi. Satu orang pun bisa digunakan sebagai populasi karena satu orang memiliki banyak karakteristik.

Beberapa pengertian populasi menurut para ahli:

1. Sugiyono (2008)

Populasi merupakan wilayah generalisasi yang terdiri atas subyek atau objek  yang memiliki karakter & kualitas tertentu yang ditetapkan oleh seorang peneliti untuk dipelajari yang kemudian ditarik sebuah kesimpulan.

2. Suharsimi Arikunto

Populasi diartikan sebagai keseluruhan dari subjek atau objek penelitian. Jika seorang peneliti ingin meneliti semua elemen yang ada didalam wilayah penelitiannya, maka penelitiannya  itu merupakan penelitian populasi.

3. Margono (2004)
Populasi merupakan seluruh data yang menjadi pusat perhatian seorang peneliti dalam ruang lingkup & waktu yang telah ditentukan. Populasi berkaitan dengan data-data. Jika setiap manusia memberikan suatu data, maka ukuran atau banyaknya populasi akan sama dengan banyaknya manusia. 
Load disqus comments

0 komentar